[Tentang] Surat Cinta Dari Om Google

Hai para blogger AdSense, yang bukan blogger AdSense tidak haii..! :D
Ok, kali ini kita akan ngomongin tentang surat cinta dari om Google di blog yang sudah lumutan ini (karena jarang update). Apaan tuh surat cinta dari Google? Emang Google itu manusia, kog pake ngasih surat cinta segala?

Jangan salah, emang ente aja yang pandai nulis surat cinta.. :D
Ok, cukup ngelanturnya, ane mulai serius 200% nich... Maksud surat cinta disini adalah surat cerai dari simbah Google yang diberikan kepada para publisernya(tanpa ampun). Kebetulan saya banyak membaca tentang berita duka dari temen2 blogger AdSense yang mendapat surat putus cinta dari simbah G, yang tepatnya terjadi sekitar 27 September kemarin.

Terinspirasi dari postingan temen2 tersebut, maka lahirlah tulisan saya ini.

Kenapa kita sampai diputusin sama om Google? Berikut kesimpulan ngawur saya:

  1. Yang pasti kita sudah membuat kesalahan terkait program policy-nya Google AdSense (kesalahan kadang tidak kita sadari/ pura2 gak tau). Program policies AdSense baca disini:   https://www.google.com/adsense/policies?hl=en_US
  2. Situs/ blog dimana kita memasang iklan AdSense dinilai belum layak oleh Google. Misalnya trafik masih rendah, itulah sebabnya saya lebih suka fokus dulu sama konten. Kalau trafik sudah mantap, baru dipasang GA, hal ini juga bertujuan menghindari fraud click dan terkesan lebih natural.
  3. Banyak temen2 blogger yang mengatakan kalau daftar AdSense lawat pihak ketiga (Flixya, Docstoc, Indyarocks, dll) memang mudah diterima, tapi juga rawan banned. Untuk itu lebih amannya sebaiknya daftar pakai domain sendiri.
  4. Anda belum beruntung! :D



Kalaupun nanti suatu saat tiba giliran saya mendapat surat cinta dari om Google, saya sudah siap 100%. Memang beberapa resiko yang cukup besar mendapat banned AdSense masih saya lakuin sekarang ini, seperti memasang AdSense di blog berbahasa Indonesia, menyamarkan iklan AdSense seolah-olah artikel blog, dan juga pasang AdSense lewat GFC. Sayang sich mau dilepas, soalnya beberapa blog indo saya menghasilkan cukup lumayan, ada yang 1 blog bisa mencapai $5 per-hari :D

Tapi namanya bisnis pasti ada resikonya, toh kita ikut AdSense juga gak ngeluarin duit :P

Nah, bagi temen2 blogger yang sudah terlanjur dicerai sama om Google, tetap semangat ya. Masih banyak jalan menuju Roma bro, mulai sekarang sebaiknya lebih fokus ke konten English.

Udahan dulu dech, lain kali kita akan ngomongin razia blog AGC yang belakangan ini juga lagi marak2nya. Yang pasti resikonya jauh2 lebih besar dari resiko banned AdSense.. :D